Metode Pelaksanaan Pekerjaan Manajemen dan Keselamatan Lalu Lintas

Manajemen Keselamatan Lalu Lintas sangat diperlukan untuk penunjang keberhasilan pelaksanaan kegiatan dari kecelakaan kerja di lapangan. Petugas Manajemen Lalu Lintas harus selalu berada di lokasi kerja dengan menempatkan petugas untuk mengatur lalu lintas demi keselamatan pekerja dan penggunaan jalan mengingat pekerjaan ini adalah peningkatan jalan , yang mana lalu lintas tidak tertutup,pekerjaan ini meliputi :

1. Persiapan Personil
Personil petugas pengatur lalu lintas masing-masing 2 orang untuk mengatur arus  lalu lintas di setiap lokasi kegiatan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Koordinator keselamatan lalu lintas 1 orang, untuk mengatur petugas, memantau kerja petugas, dan membuat laporan keselamatan lalu lintas.


2. Peralatan
Peralatan yang biasa digunakan adalah :
Bendera Tangan,
Lampu Kedip Portabel,
Peluit
Alat Komunikasi,
Rambu-Rambu Peringatan

Metode Pelaksanaan Manajemen dan Keselamatan Lalu Lintas Proyek

3. Pembuatan Laporan
Pembuatan laporan secara berkala tentang kondisi keselamatan lalu lintas di lokasi kerja yang dilaporkan kepada Safety Engineer sebagai bahan monitoring  dan evaluasi Setiap penutupan jalan akan dikoordinasikan dengan aparat desa dan kepolisian wilayah dimana lokasi pekerjaan.


4. Analisa K3
1. Personil
Pelaksana
Petugas K3L
Tenaga Kerja

2. Aspek K3
Memasang Rambu Peringatan
• Rambu Peringatan : “HATI-HATI, KURANGI KECEPATAN SEDANG ADA PERBAIKAN JALAN

Menggunakan Alat Pelindungan diri ( APD )
• Sarung Tangan
• Helm
• Sepatu Safety

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Manajemen dan Keselamatan Lalu Lintas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Masyarakat Belajar

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts