Tugas Logistik Proyek

Tugas dan Tanggung Jawab Logistik Proyek
Logstik adalah suatu sistem, seni dan ilmu mengatur dan mengontrol arus barang, energi, informasi, dan sumber daya lainnya. Seperti produk, jasa, dan manusia, dari sumber produksi ke suatu tempat dengan tujuan mengoptimalkan penggunaan modal.

Pembangunan akan sulit dilakukan tanpa dukungan bagian logistik. Logistik juga mencakup integrasi informasi, transportasi, inventori, pergudangan, reverse logistics dan pemaketan.

Tugas pokok dari seorang Logistik Proyek adalah sebagai berikut:



  1. Melakukan survey terkait data jumlah material beserta harga bahan dari beberapa supplier, vendor atau toko material bangunan sebagai  acuan untuk memilih harga bahan termurah dan memenuhi spesifikasi yang dipersyaratkan.
  2. Mengkelola gudang dengan cara, mengatur tempat lokasi penyimpanan material sehingga dapat dengan mudah untuk diakses serta tertata rapi sehingga jumlah barang masuk dan keluar da[at terkontrol.
  3. Membeli barang dan peralatan berdasarkan hasil survey sebelumnya sehingga bisa mendapatkan harga material termurah.
  4. Lebling (Penanda) pada setiap barang sejenis, sehingga mudah untuk diakses.
  5. Membuat catatan keluar masuknya barang.
  6. Membuat laporan penggunaan barang dan peralatan.
  7. Membuat catatan penggunaan barang dan capaian hasil pekerjaan atas penggunaan barang, bekerjasama dengan pelaksana lapangan.
  8. Mengontrol ketersediaan barang dalam jumlah yang cukup, sehingga tidak menggangu proses pekerjaan.
  9. Berkoordinasi dengan pelaksana lapangan terkait jenis, jumlah dan jadwal material dan alat yang akan dibutuhkan.
  10. Konsultasi Rantai Pasok dan Optimasi Jaringan
  11. Membuat laporan penerimaan/penolakan barang melalui pemeriksaan kuantitas dan kualitas material dan alat berdasarkan spesifikasi yang dipersyaratkan, melalui putusan dari Quality Control.
CT

Tugas Logistik Proyek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Masyarakat Belajar

1 comments:

Popular Posts